-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Disdukcapil Dairi Serahkan Akta Lahir Dan KIA Kepada Tiga Sekolah Dasar Negeri

Kamis, 01 Juli 2021 | Juli 01, 2021 WIB Last Updated 2021-07-01T08:45:42Z


Dairi, sumutposonline.com,  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menyerahkan 63 dokumen Akta Lahir dan 284 Keping Kartu Identitas Anak (KIA) SD Negeri 034783 Bangun Parbuluan, SD Negeri 030290 Punguan Nauli Sitinjo dan SD Negeri 030334 Teladan Sumbul di Dinas Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi (01/07/2021).

Hadir dalam penyerahan akta lahir dan KIA tersebut Kasek SD Negeri 034783 Bangun Parbuluan Norsayan Naibaho, S.Pd, SD Negeri 030290 Punguan Nauli Sitinjo Lela Dristiani Tamba, S.Pd dan SD Negeri 030334 Teladan Sumbul Masi Simarmata yang diwakili Sri Yulia Ningsih Banjarnahor.

“Kami terus mengejar pencapaian penuntasan dokumen adminduk seluruh masyarakat termasuk dokumen adminduk anak-anak yang duduk dibangku sekolah. Program Dairi Unggul dikepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu diwujudkan melalui percepatan penerbitan akta lahir khususnya kepada siswa/i yang belum memiliki akta lahir”, ungkap Deddy. 

Lebih lanjut dalam keterangannya, Kadis Dukcapil yang didampingi Kasi Identitas Penduduk Rosline Munte dan Kasi Kelahiran Yohana Pratedina Ketaren, SE meminta kepada seluruh Kepala Sekolah untuk mendata ulang seluruh siswa/i disekolahnya yang sudah maupun yang belum memiliki akta lahir karena akta lahirlah menjadi acuan meregister siswa/i tersebut memperoleh Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan apabila tamat dari sekolah, akta lahir juga menjadi dasar dalam penulisan nama siswa/i di ijasahnya.

Apabila masih ada siswa/i belum memiliki akta lahir, tugas kita bersama untuk membantu seluruh anak-anak mempermudah dalam pengurusan dokumen tersebut. Akta lahir adalah dokumen kependudukan yang harus dimiliki setiap anak indonesia. 

Oleh karena itu, melalui program kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan Dinas Pendidikan Dairi dalam hal ini seluruh sekolah di Dairi dalam percepatan penerbitan akta lahir dan KIA untuk benar-benar dimanfaatkan.

“Rencana kita kedepan akan memberikan piagam penghargaan sebagai wujud apresiasi Dinas Dukcapil kepada sekolah yang berhasil mendukung program penuntasan adminduknya disekolah”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 034783 Bangun Parbuluan Norsayan Naibaho, S.Pd mengapreasi program Dinas  Dukcapil dalam membantu seluruh sekolah dalam percepatan penerbitan dokumen adminduk.

“Sangat kami dukung program Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam percepatan pengurusan dokumen adminduk. Selama ini pelayanan ini sangat sulit dan lambat, akan tetapi melalui program percepatan ini kami sangat mengapresiasi dan gembira. Sepulang dari sini kami akan langsung menindaklanjutinya melalui pendataan kembali seluruh siswa/i kami yang belum memiliki akta lahir”.Pungkasnya.
(IP/SP)
×
Berita Terbaru Update