-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bayi Lahir Dengan Kondisi Kongenital, Ketua TP-PKK Pakpak Bharat Berikan Bantuan

Kamis, 12 Agustus 2021 | Agustus 12, 2021 WIB Last Updated 2021-08-12T13:21:38Z

Pakpak Bharat,Sumutposonline.com - Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat ,Ny Juniatry Franc Bernhard Tumanggor jenguk bayi yang baru lahir dengan kondisi kongenital anomali di RSUD Salak Kabupaten Pakpak Bharat Kamis (12/8/2021).

Bayi yang baru lahir tersebut merupakan anak dari pasangan K. Banurea dan Remawanty Berutu yang merupakan warga Desa Salak Kecamatan Salak Pakpak Barat. 

Menurut penjelasan dari Plt. Direktur RSUD Salak dr. Manuturi Situmorang bahwa Bayi lahir secara partus spontan. Lahir segera menangis namun lemah serta nafas cepat dijumpai maka dilakukan resusitasi dan pemberian oksigen. Adapun diagnosanya adalah Respiratory distres dikarenakan sangkaan  neonatal pneumonia, sangkaan sepsis neonatal, multipel kongenital anomali (atresia ani dan Congenital Talipes Equinovarus) dan  neonatus cukup bulan di masa kehamilan.

Kelainan kongenital atau kelainan bawaan adalah kelainan yang didapat sejak lahir. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan selama masa tumbuh kembang janin dalam kandungan sehingga dapat menyebabkan bayi lahir dengan kecacatan atau gangguan fungsi pada organ tubuh atau bagian tubuh tertentu.

"Bayi ini lahir dengan kondisi kongenital anomali multipel. Dijumpai bentuk tulang belakang yang melengkung, ada benjolan daging di daerah tulang belakang dan di bagian bawah perut, anus tidak terbentuk, saluran kencing dijumpai, kaki dan telapak kaki melengkung ke dalam serta jari2 kaki kiri tidak terbentuk" jelas dr Manuturi Situmorang.

dr. Manuturi Situmorang juga menjelaskan bahwa akibat anus tidak terbentuk dan peralatan di RSUD Salak terbatas, maka sibayi yang lahir dari pasangan K. Banurea dan Remawanty Berutu warga kota Salak tersebut dianjurkan untuk dirujuk ke Kota Medan namun sempat tertunda akibat iyuran BPJS Mandiri milik keluarga menunggak.

" Saat ini masalah BPJS sudah di selesaikan oleh Ibu Ketua TP-PKK, Ny.Juniatry Franc Bernhard Tumanggor dan BPJS tersebut sudah diserahkan oleh ketua TP-PKK kepada orang tua sibayi termasuk dua orang anak lainnya dari keluarga ini sekalian di masukkan ke BPJS tersebut." ujar dr. Manuturi Situmorang.

Saat menjenguk bayi tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, langsung menyerahkan Kartu BPJS dan akte lahir sibayi. Pada kesempatan tersebut Ny Juniatry juga menyampaikan salam dari Bupati Pakpak Bharat Franc Berhard Tumanggor.

" Saya sampaikan salam dari Bupati kita. Kami berdoa dan berharap kiranya sibayi cepat sehat dan orangtua sibayi juga cepat pulih kesehatannya serta kelahiran sibayi ini semoga membawa berkat bagi keluarga”ucap Juniatry. 

Usai dibesuk ketua TP-PKK, pasien bayi tersebut langsung dirujuk ke rumah sakit Mitra Sejati di Kota Medan Sumut, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut  yaitu tindakan operasi colostomy.(IP/SPOL)
×
Berita Terbaru Update