-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas Pertanian Bersama PT. Petrokimia Kayaku Lakukan Learning Center Tanaman Jagung

Jumat, 27 Agustus 2021 | Agustus 27, 2021 WIB Last Updated 2021-08-27T06:56:35Z

Dairi, Sumutposonline.com - Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi melakukan penyuluhan Pertanian terhadap Petani di Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi bersama PT. Petrokimia Kayaku. Acara ini di lakukan di Desa Pegagan julu VI Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi, Jumat  27/08/2021.

Acara ini dihadiri oleh Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi D sembiring SP, Ridoni Berampu selaku Kordinator PT. Petrokimia Kayaku Kabupaten Dairi, PPL dan Kelompok Tani ASI TANI  dari Desa Pegagan Julu VI yang ada di Kecamatan sumbul Kabupaten Dairi.

"Lokasi kegiatan learning Center  sengaja di pilih di lahan yang sangat dekat dengan pemukiman warga , dengan tujuan agar warga sekitar lebih mudah untuk melihat dan belajar di lokasi tsb" , imbuh Planco Bakkara selaku ketua POKTAN ASI TANI. 

PPL Daniel Sembiring SP  dalam sambutannya mengatakan agar seluruh Petani selalu mengikuti anjuran dalam penanaman dan perawatan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam bertani.

Mak Josua Boru Purba (66) adalah salah satu petani yang hadir mengutarakan keluhannya pada acara tersebut “ bulan lalu saya panen jagung hanya bisa menghasilkan rata rata 200 kg per satu rante , ungkapnya. Beliau juga berharap dengan adanya Learning Center Petro Kimia  Kayaku ini bisa mengubah cara bercocok tanam yang lebih baik lagi.

Ridoni Berampu selaku Kordinator dari PT. Petrokimia Kayaku sebelum memberikan penjelasan atas apa yang dialami oleh salah satu Petani yang ada hadir dalam acara tersebut terlebih dahulu memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang keberadaan PT. Petrokimia Kayaku, Ridoni mengatakan “bahwa PT. Petrokimia Kayaku hadir saat ini untuk senantiasa mendukung perkembangan sektor pertanian dan perkebunan di Indonesia yang diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi modern dalam proses produksinya, sehingga menghasilkan produk yang bekualitas dan ramah lingkungan.Ridoni Berampu juga mengatakan bahwa produk PT.Petrokimia Kayaku telah diakui sesuai Standar Internasional FAO-specified for protection product, sehingga memenuhi standar keamanan bagi tanaman pertanian.
Terkhusus hari ini kami dari PT. Petrokimia Kayaku hadir dihadapan para masyarakat petani di Kecamatan Sumbul ini akan memberikan solusi atas keluhan para petani saat ini”. Ungkap Ridoni Berampu.

Sebagaimana keluhan yang dialami oleh Ibu mak josua Purba  saat ini, Ridoni Berampu memberikan penjelasan “ Kepada masyarakat petani, yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman jagung yaitu lakukan penyemprotan  dan pemupukan dengan tepat waktu, dosis penyemprotan dan cara penyemprotan agar tepat sasaran. Insektisida yang disemprotkan juga harus diperhatikan agar tepat dan juga harus yang terbukti, jangan salah dalam memilih insektisida” ungkap Ridoni Berampu dengan tegas

Ridoni Berampu juga mengatakan “bahwa apabila gulma dan serangan hama tidak ditangani dengan serius maka resiko pada masyarakat petani dapat mengakibatkan gagal panen”.

Setelah kegiatan penyuluhan kepada masyarakat petani dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan Demplot atau Demontration Plot di lahan petani persis di dekat tempat kegiatan ini berlangsung. Dimana Demplot ini adalah salah satu bagian metode penyuluhan agar petani dapat melihat dan membuktikan langsung objek yang didemontrasikan.
Dengan diadakannya kegiatan penyuluhan ini, diharapkan para petani bisa memahami dalam pemakaian insektisida yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(R Berampu / IP /SPOL)
×
Berita Terbaru Update