-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Militer AS Amankan Bandara Kabul, Personel Kedutaan Dievakuasi

Kamis, 19 Agustus 2021 | Agustus 19, 2021 WIB Last Updated 2021-08-19T02:54:33Z

Sumutposonline.com - Bandara Kabul Afghanistan telah diamankan oleh Militer Amerika Serikat (AS).

Depertermen Lur Negeri (Deplu) AS menerangkan bahwasannya Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ibu Kota Afghanistan sepenihnya telah di evakuasi.

Seperti dibetikakan AFP Senin 16 Agustus 2021 dimana Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan, bahwasanya pihaknya telah menurunkan bendera kedutaan besarnya di Kabul. 

Seluruh Staf yang ada didaerah tersebut telah dipindahkan semuanya ke Bandara, Hamid Karzai, dimana Amerika Serikat telah mengambil kontor lalulintas udara.

"Seluruh personel kedutaan sudah berada di Bandara Internasional,Hamid Karzai yang perimeternya telah diamankan oleh militer Amerika Serikat, kata juru bicarab Deplu Amerik Serikat ,Ned Price dalam sebuah pernyataan,beberapa jam setelah kelompok Taliban menguasai Kabul.

Sedangkan Amerika serikat (AS) telah mengirim 6.000 (Enam Ribu) pasukan militernya ke Kabul guna melakukan pengamanan sekaligus menerbangkan personil kedutaan yang ada Afghanistan.

"Selama beberapa hari kedepan kami akan memindahkan seluruh warga Amerika yang tinggal di Afghanistan serta Seluruh Staf misi AS yang diperkerjakan di Kabul.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu (15/08/2021) waktu setempat, bersama dengan puluhan negara lainnya mendesak supaya Taliban membiarkan warga Afghanistan meninggalkan negara itu,tulis Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam postingan di Twitternya.

Departemen Luar Negeri AS merilis sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh sekutu sekutu dekatnya.

Mereka yang memegang kekuasaan dan otoritas di seluruh Afghanistan memikul tanggung jawab dan akuntabilitas untuk melindungi kehidupan manusia,demikian pernyataan bersama itu.

Sumber : AFP
×
Berita Terbaru Update