-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wadan Puspenerbal Tutup Workshop Aircraft Investigation Puspenerbal 2021

Selasa, 24 Agustus 2021 | Agustus 24, 2021 WIB Last Updated 2021-08-24T11:14:02Z

Sidoarjo, sumutposonline.com - Wakil Komandan (Wadan) Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Bayu Alisyahbana, S.M., CHRMP., mewakili Komandan Puspenerbal, Laksamana Muda TNI Edwin, S,H., M. Han., menutup pelaksanaan Workshop Aircraft Investigation Puspenerbal tahun 2021 yang dihelat di Gedung Wisma Perwira (Wispa) Lanudal Juanda, Kesatrian Puspenerbal, Sidoarjo, Selasa (24/8/2021). 

Sebelum penutupan, Workshop dihari kedua yang diikuti 170 peserta ini diisi dengan materi tentang teknik investigasi terhadap sebuah kecelakaan pesawat udara, maupun kecelakaan lainnya oleh kedua narasumber yakni Capt. Nurcahyo Utomo, Dip., TSI., dan Bapak Oni Soerjo Wibowo, S. Kom., dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

Selain berbagi ilmu, kedua narasumber juga mengajak peserta workshop untuk melihat hasil foto-foto dan video kegiatan investigasi terhadap beberapa kecelakaan pesawat udara yang telah dilaksanakan.

Diakhir kegiatan workshop, kedua narasumber memberikan paparan kepada para peserta workshop bagaimana tahapan-tahapan investigasi sebuah kecelakaan, disini kita bukan mengintrogasi tetapi menginvestigasi apa penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Kita mencari bukti-bukti berupa barang-barang dan alat-alat dari sebuah pesawat udara yang mengalami kecelakaan.

Sementara itu, sambutan Komandan Puspenerbal yang dibacakan oleh Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Alisyahbana, S.M., CHRMP., mengucapkan terimakasih kepada kedua narasumber, Capt. Nurcahyo Utomo, Dip., TSI., dan Bapak Oni Soerjo Wibowo, S. Kom., yang telah berbagai ilmu dan keahliannya terhadap investigasi kecelakaan pesawat udara dalam workshop yang diselenggarakan di Puspenerbal ini. 

Diakhir sambutannya, mengatakan selesai kegiatan workshop ini, tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme pengawak organisasi Puspenerbal dalam hal pelaksanaan proses aircraft investigation mulai dari aturan, teknis, analisis sampai penulisan laporannya benar-benar dapat diwujudkan dan budaya keselamatan dapat tertanam pada seluruh personel dalam segala hal, sehingga akan mencegah terjadinya incident maupun accident di seluruh satuan kerja Puspenerbal.

Hadir pada acara tersebut, Inspektorat Puspenerbal, Dirrenbang Puspenerbal, Dirlambangja Puspnerbal, Danlanudal Juanda, Dan Wing Udara 2, Kafasharkan Pesud.

(Kabagpen Puspenerbal/HRS/SPOL)
×
Berita Terbaru Update