-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Dairi Resmikan Bumdes Martabe Desa Buntu Raja

Senin, 11 Oktober 2021 | Oktober 11, 2021 WIB Last Updated 2021-10-11T11:41:40Z

Dairi, Sumutposonline.com - Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan Bumdes Martabe di Desa Buntu Raja, Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi, Senin (11/10/2021). Bupati Dairi mengapresiasi Kepala Desa Buntu Raja Robinson Silaban dengan inovasi Bumdes tersebut yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu Mengatakan Pembangunan harus dimulai dari desa. Hal itu sudah disampaikan Presiden Joko Widodo dengan mengucurkan dana ke seluruh desa yang ada di Indonesia."Ujar Bupati Dairi. 

“Di era Pak Jokowi, beliau ingin melihat dana desa yang sudah dikucurkan apakah dimanfaatkan dengan baik oleh desa. Itu tanggung jawab yang besar saat ini bagi kami. Misalnya, untuk pertama kali pemerintah pusat memberikan dukungan dana untuk pembangunan dermaga di Silalahi. Selanjutnya masih dana dari pusat, Dairi akan memiliki gedung perpustakaan 3 lantai di Taman Rekreasi Sidikalang,” Urai Bupati.

Kepada pengurus Bumdes Martabe, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate mengatakan jika ingin mengembangkan sebuah usaha agar mencari sesuatu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Air minum jika itu menjadi produk unggulan Bumdes Martabe, saya akan bantu untuk menghubungkan dengan Direktur PDAM Tirta Nciho,” ujar Eddy.

Bupati menambahkan dalam ketentuan Undang-undang Cipta Kerja yang baru, Bumdes didorong untuk lebih efektif dan inovatif.

“Harapan saya Bumdes ini akan lebih efektif sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Saya akan dukung penuh Bumdes ini, mari tetap terus berkarya,” ucapnya. 

Sebelumnya, Kepala Desa Buntu Raja Robinson Silaban mengatakan masyarakat sangat bersyukur atas kehadiran Bupati Dairi di desa tersebut.

“Sudah 3 tahun Bumdes ini berjalan, namun karena pandemi baru hari ini bisa diresmikan. Bumdes ini bergerak salah satunya di bidang air minum dan menyuplai air minum bagi warga di Desa Buntu Raja dengan pelanggan air sebanyak 142 KK,” kata Robinson.

Sementara itu, Direktur Bumdes Martabe Hariyanto Lumban Gaol berharap untuk pengembangan Bumdes seperti pengadaan pupuk dan gas elpiji.

“Kami barharap ada saran dan masukan dari Pak Bupati agar kiranya Bumdes kami ini bisa berkembang dan berjalan dengan baik. Bumdes ini sudah menyerap PAD antara 2-3,5%,” ucapnya. 

Selanjutnya, Camat Siempat Nempu Landong Napitu dalam sambutannya mengatakan dari segi kinerja, Kepala Desa Buntu Raja memiliki program yang inovatif.

“Desa ini desa terbaik, saya harus akui itu. Desa ini mendapatkan dana atas kinerja baik tersebut yang sudah dimasukkan ke dalam APBDes,” ujar Camat.

(IP/SPOL)
×
Berita Terbaru Update