-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perkokoh Kerukunan Umat Beragama, Sultan Deli XIV Silaturahmi ke MUKI Sumut

Kamis, 30 Desember 2021 | Desember 30, 2021 WIB Last Updated 2021-12-30T02:12:17Z

Medan, sumutposonline.com - Indahnya kerukunan beragama yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Dalam rangka kegiatan Natal bertempat di GBI. Generasi muda MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia) langsung menyambut Sultan Deli ke XIV,  merasa senang dan bisa beramah tamah. 

Sultan Deli Ke IV adalah Sualtan termuda dalam sejarah. Ia bergelar Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah atau biasa dipanggil Tuanku Aji. Sultan Deli mengaku selama di Medan dalam beberapa waktu ke depan memang berencana untuk menjalin tali silaturahmi ke tokoh agama lain. Bak gayung bersambut dalam waktu yang tepat, GM MUKI sebagai penggagas kegiatan ini dapat menjalin komunikasi dengan pihak kesultanan Deli.

Edward Septa, Ketua GM MUKI kepada media ini, Selasa 28/12/2021 mengatakan "semoga kegiatan kami ini menjadi inspirasi bagi para milenial untuk bergandengan tangan membangun Sumatera Utara dan perkokoh kerukunan antar umat beragama.

Dedy Mauritz Simanjuntak , Ketua DPW MUKI Sumut menambahkan, "Pertemuan ini genuine dan dikehendaki Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena sama-sama lahir dari niat yang baik. Lahir dari kebutuhan yang sama, perbedaan adalah kenyataan yang tidak mungkin kita nafikan," kata Dedy kepada awak media.

Namun lanjutnya "Tidak boleh jadi pemisah persaudaraan kita. Gerakan ini adalah semangat baru keberagaman di Sumut, Tidak kebetulan Sultan Deli tergolong kaum milenial. Ketika orang muda tampil sebagai pelopor toleransi, ada masa depan yang baik untuk Sumatera Utara," tutur Dedy Mauritz Simanjuntak.

Kembali Dedy mengatakan "Jadi kalau ada pihak yang mau memecah belah kita, berarti dia tidak mengenal Sumatera Utara dengan baik, sejak dulu masyarakat Indonesia melihat Sumut sebagai miniatur keberagaman. Kalau ingin melihat contoh toleransi di Indonesia, mereka perlu melihatnya dari daerah kami,” pungkas Dedy.

Rombongan yang mendatangi Istana Maimun diantaranya Ketua DPW MUKI Sumut Dedy Mauritz Simanjuntak, MACE, Wakil Ketua DPW Milho Legie, S.Th, Ustadz Martono selaku tokoh Banser/ Nahdatul Ulama Deli Serdang sekaligus Ketua Umum FKIB, Ketua GM MUKI Edward Septa Tarigan bersama pengurus GM MUKi lainnya Samson Rinaldi, Jefry Sembiring, Wanjen Brahmana, Adilma, Yuliarman Waruwu.

Di akhir kegiatan, GM MUKI yang diwakili Samson Rinaldi menyerahkan parsel kepada Ustadz Martono, tokoh perekat keberagaman di Sumatera Utara.

(SEPTIAN/SPOL) 




×
Berita Terbaru Update