-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Baru Terima SK, Ketua DPW PKB Pujakusuma Sumut Tancap Gas Pimpin Rapat perdana Bersama Pengurus

Senin, 04 Juli 2022 | Juli 04, 2022 WIB Last Updated 2022-07-04T13:14:33Z
Foto : Ketua DPW PKB Pujakusuma Sumut H Khoirum Rijal ST, MAP (berdiri) saat pimpin rapat 

DELI SERDANG | Sumutposonline.com

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Provinsi  Sumatera Utara (Sumut) mengadakan rapat sekaligus perkenalan pengurus antar waktu masa bhakti 2018-2023 di P3UD Tanjungmorawa, Deliserdang, Minggu (3/7/22).

Ketua DPW Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Sumatera Utara H Khoirum Rijal ST MAP  pada acara pembukaan mengaskan kembali, bahwa Pujakesuma bukan organisasi politik, tetapi merupakan keguyuban yang mengedepankan budaya sebagai pemersatu dan perekat dalam perbedaan.

Foto : Seluruh Pengurus DPW Pujakusuma Sumut

"Kita di sini beragam dan berbeda warna ada hijau,  merah, kuning, putih bahkan abu-abu. Demikian juga profesi, latar belakang pendidikan dan lainnya semua berbeda. Tetapi kita memiliki budaya yang sama, sehingga itu jadi pemersatu kita untuk sama-sama membangun masyarakat dan bangsa ini," ungkap Khoirum Rijal.

Dikatakan, budaya bangsa Indonesia bernilai sangat tinggi dan salah satunya budaya suku Jawa. Sebagai keturunannya seharusnyalah Pujakesuma bertanggung jawab mekestarikan nilai-nilai budaya itu yang tampaknya terancam punah bila kita kurang peduli. "Kehadiran Pujakesuma di sini untuk melestarikan  nilai-nilai budaya Jawa sekaligus menanamkannya kembali kepada generasi selanjutnya agar tak punah ditelan masa," ungkap Kadisbudporapar Kabupaten Deliserdang ini.

Dalam upaya ini, menurut Khoirum, DPW  Pujakesuma Sumut secara teknis akan menginventarisir sanggar atau kelompok-kelompok kesenian tradisional Jawa seperti wayang, ketoprak, reog, jaran kepang dan lainnya. Selanjutnya akan dikembangkan dengan memberi kesemparan untuk tanpil di berbagai kegiatan. Kemudian setiap DPC juga diharapkan bisa membina di daerah masing-masing dan nanti diadakan festival tingkat Sumut maupun nasional.

Dari pelestarian budaya, selanjutnya Pujakesuma akan terus bergerak melestarikan nilai-nilai budaya lewat sosial kemasyarakatan dengan mengedepankan budaya gotong royong, saling membantu dan lainnya. Hal ini berujung pada upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi.masyarakat. Pengurus Pujakesuma Sumut diyakini akan mampu berbuat lebih baik dengan potensi besar yang dimilikinya.

Sementara itu Ketua MPO DPW PKB Pujakesuma Sumut Ir H Sujarwono dalam bimbingannya mengajak semua pengurus agar lebih solid dalam mengembangkan organisasi. Katanya, potensi warga Pujakesuma sangat besar dan keberadaannya dibutuhkan semua warga. "Dengan jumlah yang tidak sedikit, bila ditambah kualitas dan kemauan yang tinggi  warga Jawa akan menjadi terdepan memberikan kontribusi positif di tengah masyarakat.

Untuk itu,  harap mantan anggota DPRD Sumut ini, warga Pujakesuma harus mau terus belajar mengembangkan kemampuan diri supaya memiliki kualitas mumpuni. 

Foto : Wakil Bendahara DPW Pujakusuma Sumut Junaidi dan Ismail, ST

Hal senada juga disampaikan Bendahara DPW Pujakusuma Sumut Wagino melalui Wakil Bendahara Junaidi, mengajak seluruh pengurus DPW Pujakusuma Sumut membenahi tata kelola organisasi sesuai tingkatan dan memulai mengembangkan sistem administrasi yang baik. 

Pada kesempatan itu, Ketua DPP PKB Pujakesuma Eko Sopianto SE turut memberi arahan lewat Zoom  mengajak pengurus Pujakesuma Sumut  untuk terus bersemangat membangun organisasi. Dalam waktu dekat, katanya, Presiden RI Joko Widodo akan bersama warga Pujakesuma dalam sebuah kegiatan pembangunan di Medan.

Kemudian dalam rangka peringatan HUT ke-42 Pujakesuma 10 Juli 2022, secara internal di DPD dan DPC mengadakan bhakti sosial berupa gotong royong, donor darah, jalan santai  dan sebagainya yang diadakan pada 17 Juli 2022. "Baru pada 30 Juli dilaksanakan puncak peringatan HUT di Kota Binjai berupa senam dan jalan santai dan berbagsi kegiatan lainnya dengan hadiah doorprize sebuah mobil," ungkap Eko seraya mengajak warga Pujakesuma untuk datang beramai-ramai.

Acara perkenalan dan rapat seharian penuh itu berjalan lancar dengan suasana akrab dipandu Sekretaris Dr Joko Susanto MIKom dan Ketua Harian H Suherdi SSos. Turut hadir Sekretaris MPO Marianto Irawadi SSos, Anggota MPO RA Krishartanto SH MH,  Wakil Ketua H Suryaputra, Hwin Dwi Putera SP, Pardono SSn, Lilik Baskoro SH MH, Heriani MPd, Yogi Suwanda, Dr Jumakir MPd,  Bendahara Wagino SPD MAP, Mardiono ST, Junaidi, para kepala biro dan anggota lainnya.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran, doa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Pujakesuma. Dilanjutkan solat zuhur berjamah, makan bersama dan diakhiri pemaparan program kerja.

(RED/SPOL) 
×
Berita Terbaru Update