-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati H Ashari Tambunan Resmikan Kegiatan SLCN 2022 di kabupaten Deliserdang

Rabu, 24 Agustus 2022 | Agustus 24, 2022 WIB Last Updated 2022-08-24T02:52:20Z

DELISERDANG | Sumutposonline.com

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan resmikan SLCN (Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan) tahun 2022 yang kedua kalinya dilakukan di aula Dinas Perikanan, Jalan Mawar nomor 12, Komplek Perkantoran Bupati, Kecamatan Lubuk Pakam, Selasa (23/08/2022). 

Bupati yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi sekaligus PLT Kepala Dinas Perikanan Deliserdang Putra Jaya Manalu, MM diikuti para penyuluh nelayan mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menerima, melaksanakan pembelajaran kagiatan tentang cuaca dan iklim, dibimbing narasumber Badan Meteriologi Kimatologi Goefisika (BMKG) Maritim Belawan Medan.

Tujuan utama dari kegiatan SLCN 2022 ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam mengakses, membaca, menindaklanjuti dan mendiseminasikan informasi cuaca, iklim maritim serta informasi prakiraan lokasi ikan dari sumber yang dapat dipercaya.

Sementara pihak BMKG mengatakan, ingin hadir dan semakin menunjukkan kepedulian untuk memberi kontribusi terhadap keselamatan, kelancaran dan efesiensi bagi kegiatan operasi nelayan.

SLCN ini menjadikan penyuluh nelayan,  supaya menjadi agen penerus informasi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan iklim bagi masyarakat yang tinggal disekitar wilayah pesisir terutama bagi nelayan itu sendiri dan mewujudkan peningkatan tangkapan ikan nelayan di kabupaten Deliserdang.
Kegiatan SLCN turut dihadiri yang juga sekaligus menjadi nara sumber secara Virtual dan langsung, antara lain Anggota Komisi V DPR RI H. Irmadi Lubis (virtual zoom) Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Msi (virtual zoom) Kepala pusat Metereologi Maritim BMKG Eko Prasetyo MT (virtual zoom), Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Darmawan, MSi, Kepala Dinas Perhubungan Deliserdang Suryadi Aritonang ,S.Sos, M.Si diwakili Hendra Sirait.

Juga, Kepala BPBD Drs Zainal Abidin Hutagalung, Kepala UPP Kesyahbandaran Luderwijk Siahaan ,ST, M,Sc, Kepala Direktorat Polisi Air dan Udara Ipda Turisno, Kepala Pos Keamanan Laut (BAKAMLA) Serka Zabidi, Ketua HNSI Kamaruzzaman S.Ag, Kepala stasiun Metereologi Kualanamu Fahrurozi,SP Kepala Stasiun Klimatologi Deliserdang Syafrinal SH, Kepala Stasiun Maritim Belawan Medan Sugiyono, para kepala UPT Stasiun Meteorologi Maritim dan Mandatory se Indonesia secara zoom, Sekretaris Dinas Perikanan Deliserdang, IR Rosmeri.
Menurut Sugiono selaku kepala stasiun Maritim Belawan Medan mengatakan bagaimana
Para nelayan diajari bukan mencari ikan melainkan mengajari bagaimana lokasi ikan yang akan ditangkap. Sehingga nelayan tersebut tidak banyak mengeluarkan biaya operasional dan cuaca.mungkin selama ini banyak nelayan yang batal melaut akibat cuaca buruk padahal selama ini para nelayan sudah mempersiapkan bakal untuk nelayan dan ternyata tidak melaut akibat cuaca tersebut tidak bersahabat."
Ungkapnya.

(HENDRA/SPOL) 
×
Berita Terbaru Update