-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kebun Unit Dolok Sinumbah tidak Terawat, Dana Perawatan Diduga Masuk Kantong

Sabtu, 11 Februari 2023 | Februari 11, 2023 WIB Last Updated 2023-02-11T14:23:52Z
Foto : Kebun PTPN IV 

Simalungun | Sumutposonline.com

Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) di perkebunan PTPN IV kebun Unit Dolok Sinumbah ( Dosin) Kec.Hutabayu Raja, Kab.Simalungu, Sumatera Utara,  afdelinng IV tidak terawat, Padahal dana perawatan selalu dikucurkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Saat melintas di areal kebun Jumat (10/02/2023) awak media sumutposonline.com melihat hampir seluruh piringan pohon kelapa sawit tidak dibersihkan diduga pihak Perkebunan PTPN IV Unit Dosin Afdeling IV melakukan pembiaran tumbuhan liar  dan gulma yang hampir menyelimuti seluruh tanaman sawit yang masih dalam proses pertumbuhan. Tanaman sawit belum menghasilkan tersebut hampir tidak bisa mengimbangi gulma yang tumbuh dengan leluasa di areal perkebunan.

Bahkan kacangan atau  Macuna  yang berfungsi sebagai penutup tanah dan penyubur tanah, tidak lagi terlihat diakibatkan semak belukar yang dibiarkan tumbuh hidup di lingkarang piringan pokok kelapa sawit. Seharusnya pihak perkebunan PTPN IV  unit Dosin yang membidangi perawatan tanaman, memperhatikan dan merawat tanaman milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut agar tanaman  dapat berkembang dengan baik, dan nantinya tanaman sawit tersebut dapat menghasilkan produksi yang maksimal.

Ponirin masyarakat yang tingal di daerah perkampungan sekitaran perkebunan, ketika di temui di lokasi areal afdeling " Bukan cuma disini saja bang, coba abang lihat disebelah sana lebih parah lag, ( Menunjukkan lokasi red.) ini belum seberapa, kalau yang disana tangkosnya saja tidak diberikan, padahal kalau TBM seumuran tanaman ini sudah seharusnya dikasih tangkos lagi, begitu biasanya bang ", terangnya ke awak media. 

Salah seorang karyawan kebun yang tidak mau namanya disebut ditemui dilokasi ketika ditanyai terkait TBM sampai ditumbuhi semak, pihak perkebunan tidak merawat  tanaman ini dan mengatakan bahwa  pihak perkebunan  jarang ke lokasi, " Paling cuma satpam aja keliling untuk lihat lembu" ucapnya. Ditanya kembali, apakah Asisten kepala (Askep) tidak mengetahui bahwa TBM tidak terawat,  karyawan tersebut mengatakan " Gimana mau mengetahui bang, paling Askepnya datangya hanya ke kantor afdeling saja, kalau turun langsung kelapangan Jarang ( tidak pernah) makanya TBM itu bisa sampai semak seperti itu, terangnya.

Asisten Kepala PTPN IV Unit Dolok Sinumbah (DOSIN), Syahrul Armani dikonfirmasi melalui pesan aplikasi whatshaap terkait tidak terawatnya TBM ( Tanaman Belum Menghasilkan)  di unit Dosin " Terimakasih infonya Pak, akan kami tindaklanjuti.
" Sudah konfirm juga ke Afdeling Pak? Balasnya melalui aplikasi whatshaap. 

Sangat disayangkan, padahal seharusnya Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) kelapa sawit di usia tanam seperti ini harus dilakukan perawatan se - dini dan sebaik mungkin. Sehingga kedepannya nanti Produktif dan dapat menghasilkan produksi tinggi kelapa sawit.

(AS/SPOL) 
×
Berita Terbaru Update