-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PLT Bupati Padang Lawas Membuka MTQ Secara Resmi Ke-14 Tahun 2023

Rabu, 01 Maret 2023 | Maret 01, 2023 WIB Last Updated 2023-03-01T15:07:32Z

PADANG LAWAS | Sumutposonline.com 

Plt Bupati Padang Lawas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi, MH membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-14 Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023, Yang dilaksanakan dilapangan SMK Negeri 1 Sosa Bukit Berbunga Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa, Selasa (28/02).

"Pembukaan MTQ Ke-14 tahun 2023 ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt Bupati Padang Lawas yang turut didampingi oleh Forkopimda serta di iringi suara azan".

Saat pembukaan MTQ, Plt. Bupati Padang Lawas menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya mengatakan, Memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh kecamatan yang telah mempersiapkan kafilah terbaiknya untuk dapat bersama mewujudkan tujuan yang mulia, Membumikan Al Qur’an di Kabupaten Padang Lawas yang sangat kita cintai.

Dengan mengikuti MTQ ini dengan sebaik-baiknya serta tulus, ikhlas, Kita seraya mengharap ridho Allah SWT. Bagi generasi muda dan masyarakat, Termotivasi untuk mencintai Al Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. 

Hal ini sesuai dengan tag line MTQ Ke-14 Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023 "Wujudkan Masyarakat Berkarakter Qur’ani Dalam Rangka Mensukseskan STQH Ke-18 Tingkat Provinsi Sumatera Utara".

Mari kita sukseskan Perhelatan MTQ Ke-14 sebagai acuan persipan untuk mensukseskan STQH Ke-18 tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Padang Lawas.

Pada kesempatan ini, Beliau mengungkapkan bahwa prestasi para qori-qori’ah Kabupaten Padang Lawas pada event MTQ Nasional di Kalimantan Selatan Tahun 2022 silam sangat membanggakan. Dimana putera putri terbaik kita atas nama Taufiq Hasibuan mendapatkan Juara Harapan III Cabang Khat Naskah Putra, Amelitul Khoiriah Nasution meraih Juara Harapan III Cabang Tafsir Bahasa Indonesia, dan Microhani Siregar Juara Harapan III Cabang Tafsir Bahasa Arab Putri.

"Prestasi putra putri kita patut disyukuri. Ini membuktikan keaktifan LPTQ Kabupaten Padang Lawas bersenergi dengan semua pihak, Baik dengan Pemerintah Daerah, Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, MUI Padang Lawas, Para pelatih, Para dewan hakim dalam membina qori-qori’ah. Paparnya.

Tambahnya lagi, "Saya selalu berkeyakinan dan bukan sebuah mimpi lagi, Jika bersungguh sungguh dan bersama-sama dalam bergandengan tangan dan memiliki visi-misi yang sama, Putra-putri kita tahun ini akan dapat menjuarai MTQ ditingkat nasional bahkan tingkat internasional.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Plt. Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dermawan yang telah mendukung dan mempersembahkan berbagai hadiah menarik untuk pemenang  MTQ Ke-14 di tahun ini.

Adapun hadiah tersebut berupa 7 paket umroh gratis, yaitu 2 paket umrah kepada pemenang tahfiz 30 Juz putra dan putri dari Travel Jannah Firdaus dibawah pimpinan Bapak Dandi Sutrisno bersama Ustad H. Sangkot Hasibuan, 1 paket umrah dari Aet Travel pimpinan H. Samrul Fuad Nasution dan Bapak Dr H. Mukmin Saipul, SPd, MSi, 1 paket umrah bersama Aet Travel, 2 Paket umrah untuk pemenang MTQ dan 1 paket umrah kepada Camat yang berhasil membawa kecamatannya sebagai juara umum MTQ dari Travel Cahaya Palas pimpinan H. Ahmad Fauzan Nasution.

Kemudian hadiah sepeda motor yang dipersembahan oleh PT Bank Sumut Cabang Sibuhuan sebanyak 2 unit , BRI Cabang Sibuhuan 1 unit dan dari PT. KAS 1 unit. Partisipasi dari PT Mazuma Agro Industri 2 ekor lembu dan 1 ekor lembu dari Andri Elektronik.

Mudah mudahan Allah SWT membalas niat baik dari saudara saudara kita dengan pahala yang berlipat ganda dan tentunya semakin sukses kedepannya, Ucap Plt Bupati.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Arpan Nasution, S.Sos Selaku Ketua Panitia MTQ Ke-14 Tingkat Kabupaten Padang Lawas tahun 2023 dalam laporannya, MTQ ini akan dilangsungkan selama 4  hari, Mulai dari tanggal 28 Februari s/d 03 Maret 2023.

Kegiatan MTQ Ke-14 Tingkat Kabupaten Padang Lawas merupakan sarana menjalin silaturrahim antara pemerintah, ulama dan masyarakat padang lawas. Yang tujuannya untuk menumbuh kembangkan minat membaca, menulis dan mengamalkan isi Al-qur’an serta
mencari dan menyeleksi qori-qoriah, hafiz hafizah dan cabang lainnya dalam rangka persiapan mengikuti STQH Ke-18 Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Padang Lawas.

Sedangkan cabang cabang tilawah yang dilombakan pada MTQ ke XIV sebagai berikut : Cabang Tahfiz 1–5 Juz dan Qiro'at, Tahfiz 10 dan 20 Juz, Tahfiz 30 Juz dan Tafsir, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Khattil Qur’an, Tartil Qur’an, Makalah Ilmiah Al-qur’an, Hadist Nabi, Qiro'atul Qutub Tingkat Ula’, Qiro'atul Qutub Tingkat Ulya dan Qiro'atul Qutub Tingkat Wustho, serta Cabang Debat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Adapun peserta yang mengikuti MTQ ini merupakan utusan 17 Kecamatan se-Kabupaten Padang Lawas, dengan jumlah peserta 1.108 orang sesuai dengan hasil verifikasi Tim Kementerian Agama dan LPTQ Kabupaten Padang Lawas. Peserta tersebut terdiri dari 519 orang putra dan 589 orang puteri. 

Dan akan bertanding pada cabang-cabang  sebagai berikut: Cabang MTQ sebanyak 8 cabang dengan jumlah peserta 653 orang, 
Cabang Hadits 57 orang, 
Cabang Qiro'atul Kutub dengan 4 cabang sebanyak 398 orang.

(H.B Lubis/SPOL)
×
Berita Terbaru Update