-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Rangkap Jabatan, Kepsek Mts Madani Nekat jadi Anggota Panwascam

Jumat, 31 Maret 2023 | Maret 31, 2023 WIB Last Updated 2023-03-31T09:20:56Z

Simalungun | Sumutposonline.com

Kepsek Mts Madani Perdagangan Mustafa Eboyt sitorus mendapat sorotan dan menjadi perbincangan hangat di berbagai pihak. Lantaran, selain menjabat Kepala sekolah, belakangan ini juga ikut dan di lantik menjadi anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Berdasarkan penelusuran media sumutposonline.com di wilayah Kecamatan Hutabayu raja, Kabupaten Simalungun ternyata satu orang Kepsek telah dilantik menjadi anggota Panwascam di Kecamatan Hutabayu raja.

Padahal, aturannya jelas setiap anggota panwascam saat mengikuti seleksi harus sudah mengantongi surat pengunduran diri dari atasan tempat bekerja sebelumnya. Warga Hutabayu raja sangat menyesalkan sikap Bawaslu yang tidak mengklarifikasi data sebelum seluruh anggotanya dilantik.


Pasalnya, jelas dalam peraturan Bawaslu nomor 19 tahun 2017 diterangkan bahwa setiap anggota Panwaslu baik tingkat Kabupaten dan tingkat Kecamatan tidak boleh merangkap tugas, sebab dapat melanggar aturan.

Ia menambahkan, anggota Panwaslu Kecamatan berjumlah 3 (tiga) orang dan bersifat ad hoc artinya Panwascam sebagai penyelenggara Pemilu yang langsung bersentuhan dengan penyelenggara dan peserta Pemilu yang bekerja di tingkat bawah, sekaligus sebagai garda terdepan dalam Pengawasan tahapan Pemilu.

"Yang namanya rangkap jabatan tentunya tidak bagus, apalagi kalau regulasi aturan dikangkangi. Terlebih untuk menjaga kredibilitas pengawasan di pemilu nanti bisa-bisa dipertanyakan. Karena, anggota Panwascam harus bersikap adil dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, sementara dirinya merangkap jabatan," jelasnya.

Sementara, Mustafa Eboyt sitorus ketika dikonfirmasi melalui pesan aplikasi whatshaap terkait rangkap jabatannya  Mustafa eboyt terkesan bungkam walau pesan yang dikirimkan tampak sudah dibaca, Ketua Bawaslu Simalungun Choir Nasution, dikonfirmasi terkait rangkap jabatan panwascam Hutabayu raja Mustafa Eboyt sitorus " Laporkan langsung saja bang, biar langsung kita tindak lanjuti, dan gak capek kita lakukan penelusuran lagi"  ucapnya melalui panggilan whatshaap.

(AS/SPOL) 
×
Berita Terbaru Update