-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Anggaran Perawatan Diduga Masuk Kantong Ratusan Hektare TBM Terlantar

Sabtu, 15 April 2023 | April 15, 2023 WIB Last Updated 2023-04-15T14:06:26Z
SIMALUNGUN | Sumutposonline.com

Perkebunan kelapa sawit PTPN IV UNIT Balimbingan yang berada di Kec. Tanah jawa, Kab.Simalungun, Sumatera Utara. Diduga telah menelantarkan pokok kelapa sawit belum menghasilkan (TBM) hingga ratusan hektare.

Pokok kelapa sawit yang terawat dengan baik tentunya menghasilkan buah sawit yang baik, untuk menghasilkan buah kelapa sawit yang baik tentunya harus memberikan perawatan yang baik sesuai dengan SOP, namun anggaran perawatan  yang dianggarkan diduga masuk kantong management PTPN IV unit Balimbingan. 

Pantauan dilokasi TBM afdeling II Unit Kebun Balimbingan sebagian Pokok sawit TBM tidak dilakukan chemis, pokok tanaman sawit tampak terlihat ditumbuhi rerumputan dan banyaknya anak kayu yang tumbuh subur tanpa dilakukan  DAK ( dongkel anak kayu) , bahkan dilokasi ditemukan tumbuh suburnya pohon pisang di tengah lahan kebun plat merah tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang signifikan Selain melakukan tindakan pemeliharaan kelapa sawit ,Perlu melakukan penyiangan pada semua jenis gulma pengganggu, dan pengendalian hama dan penyakit serta penataan tajuk. Namun hal tersebut tidak ditemukan di afdel II (dua) unit Balimbingan.

Perawatan sejak awal bagi tanaman belum menghasilkan atau (TBM) yang  bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang seragam. ”Namun sepertinya' hal tersebut tidak diindahkan manajemen Perkebunan PTPN IV Unit Balimbingan,  dimana Unit Balimbingan diduga abaikan standard operasional perusahaan (SOP) tentang perawatan dan pengelolaan tanaman belum menghasilkan (TBM) kelapa sawit seperti yang terlihat di areal afdeling II  Unit Balimbingan.

Dikonfirmasi melalui pesan aplikasi whatshaap kepada askep PTPN IV Unit Balimbingab Fery Maruli Saragih terkait tidak terawatnya TBM PTPN IV Unit balimbingan " Langsung aja Ke Asisten afd nya ya Pak.. kita juga sdh cek lokasi tsb. Tadi pagi.. terima kasih ", tulis askep menjawab konfirmasi yang dikirimkan awak media. 

Sesuai dengan arahan Asisten Kepala (askep) untuk konfirmasi dengan asisten afdeling awak media langsung melakukan konfirmasi kepada asisten afdel II bermarga Damanik, melalui panggilan suara whatshaap " TBM nol kan sudah bang 3 bulan lalu, nantilah bang jumpa bang, emang ada kerjaan kami yang kurang tanya asisten kepada awak media, namun ketika awak media mengatakan adanya anak kayu yang tidak di dongkel, dan pohon pisang tumbuh subur dan pokok tanaman sawit tidak dilakukan piringan, hanya sebagian yang di lakukan piringan, asiste afdel II tampak binggung dan mengatakan kalau gak jumpa saja kita bg, besok aja kita jumpa, aku lagi sholat ucap asisten bermarga damanik tersebut melalui panggilan whatshaap. 

Adanya tanaman TBM yang tidak terawat  hingga ratusan hektare PTPN IV Medan diminta segera  menurunkan Satuan Pengawasan Intern (SPI) yang merupakan unit satuan kerja yang bertugas untuk memberikan keyakinan (assurance) serta berfungsi melakukan kegiatan konsultasi yang objektif dan independen dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan dan rasa percaya pemegang saham serta pemangku kepentingan lainnya terhadap pengelolaan PTPN IV di Unit Kebun Balimbingan.

(AS/SPOL) 
×
Berita Terbaru Update