-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pembangunan Yayasan Milik Waris Tholib Walkot Tanjungbalai dari Dana CSR PT. Bank Sumut, Ini Kata Teuku Irmensyah

Rabu, 29 Mei 2024 | Mei 29, 2024 WIB Last Updated 2024-05-29T02:00:42Z
Foto: Lokasi pembangunan yayasan AFA milik walikota tanjungbalai dengan dana CSR PT. Bank Sumut 2023.

Tanjungbalai Sumutposonline.com 

Pengakuan pihak Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (BAPERIDA) Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai  bahwa yayasan Al-Fatwa Ailiyah (AFA) berhubungan langsung dengan pihak PT. Bank Sumut Cabang Tanjungbalai terkait dana Corporate Social Responsibility atau program (CSR) Tahun 2023 dibantah oleh pihak Bank Sumut Cabang Tanjungbalai. 

Teuku Irmensyah Pimpinan Operasional Bank Sumut Cabang Tanjungbalai kepada wartawan menyatakan bahwa seluruh penerima program CSR Bank Sumut untuk Tahun 2023 itu berasal dari usulan Pemerintah Kota Tanjungbalai sendiri. 

"Secara mekanisme, penerima tidak bisa berhubungan langsung dengan kami (Bank Sumut red) untuk mendapatkan CSR. Tetap diseleksi Pemkot siapa yang layak dan berhak menerima," kata Teuku Irmensyah Selasa (28/5/2024) saat ditemui diruang kerjanya. 

Lebih lanjut, Teuku Irmensyah menjelaskan bahwa dalam proses usulan pemberian CSR, pihak Bank Sumut hanya menerima setelah dilakukan verifikasi oleh pihak BAPERIDA. 

"Kami hanya menerima berkas yang setelah diseleksi Pemkot. Inilah bakal calon penerima (CSR) itu lah yang kami ambil untuk di kirim ke Medan (kantor pusat Bank Sumut)," jelas Teuku Irmensyah. 

Ditempat terpisah sebelumnya Kepala BAPERIDA dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPERIDA Kota Tanjung Balai menyatakan tidak memiliki data usulan atau proposal dari pihak yayasan AFA yang menerima dana CSR Bank Sumut cabang Tanjung Balai tahun 2023 lalu. 

"Usulan atau progres permintaan dari yayasan tidak ada, kami hanya membuat SK atas pemberian CSR itu saja," kata Budi, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPERIDA. 

Budi mengatakan yayasan tersebut bisa saja berhubungan langsung dengan pihak Bank Sumut. 

"Untuk pengawasan tidak ada di OPD, karena itu usulan langsung mereka (Bank Sumut), namun begitu coba nanti saya cari," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala BAPERIDA Kota Tanjung Balai, Zul Abdiman, juga membenarkan terkait mekanisme pemberian CSR kepada yayasan AFA tanpa melalui usulan dari BAPERIDA, menurutnya hal itu bisa saja terjadi. 

"Seharusnya bisa, karena Bank Sumut pemilik sumber dananya," kata Zul Abdiman. 

Untuk diketahui, Bank Sumut Cabang Tanjung Balai tahun 2023 lalu memberikan bantuan program CSR ke yayasan AFA sebesar Rp.97.013.190. ( Sembilan Puluh Tujuh Juta Tiga Belasa Ribu Seratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah ). 

Perlu untuk diketahui menurut SK Ditjend AHU Kemenkum HAM RI yang terbit 11 Mei 2023 bahwa yayasan AFA didirikan oleh Waris Tholib yang saat ini menjabat sebagai Walikota Tanjungbalai, kemudian baru berdiri 6 bulan yayasan AFA telah menerima bantuan CSR dari pihak Bank Sumut. 

Kemudian Walikota Tanjungbalai juga menjadi pembina dari yayasan AFA, lalu ada nama-nama pengurus antara lain Ketua Hilda Aulia Fatwa, Sekretaris M. Syaifullah Fatwa, Bendahara Nursalimah Isnaini Fatwa dan sebagai Pengawas Fatiah Haitami. 

Nama-nama tersebut diketahui juga persis sama dengan nama istri dan putra-putri dari Walikota Tanjungbalai.

(Syafrizal/Spol) 
×
Berita Terbaru Update