-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Korban Pengalihan Sewa Kios di Pasar Tarutung, Resmi Melapor ke Mapolres Taput

Sabtu, 18 Februari 2023 | Februari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-02-18T13:01:32Z

Tarutung | Sumutposonline.com

Korban dugaan tindak pidana penipuan atau pemalsuan surat yang mengakibatkan kios milik Pemkab Taput yang di sewa Parada Sitompul warga Tapanuli Utara dari Dinas Perindag Taput selama 25 Tahun status penyewaan nya berpindah tangan ke oknum EP sebelum habis waktu penyewaannya, resmi membuat laporan polisi ke Polres Tapanuli Utara, Rabu (8/2/2023) siang.

Hasil pantauan awak media di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Tapanuli Utara Jl.Letjend Suprapto No.2 Tarutung, Radot Simatupang (67) warga Aek Rangat Kelurahan Partali Toruan Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara selaku korban dugaan penipuan atau pemalsuan surat sewa kios yang dikelola Dinas Perindag Kabupaten Tarutung menuturkan sesuai uraian singkatnya yang dikutip dari pengaduan masyarakat (Dumas) yang ditujukan langsung kepada Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi,SH,SIK,MH, menyebutkan pada tahun 1991 suami Radot Simatupang atas nama Parada Sitompul menyewa atau pinjam pakai kios no.59 A di pajak Tarutung dengan membayar hak pakai (sewa) kepada Dinas Perindag Tapanuli Utara sebesar 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) selama 25 tahun yang berakhir masa hak pakai pada tahun 2016.

Kemudian pada tahun 2003,saya Radot Simatupang selaku istri dari Parada Sitompul menitipkan kios tersebut kepada Erna Pasaribu untuk dipakai berjualan sementara oleh Erna Pasaribu, berhubung Parada Sitompul mengalami sakit dan adanya juga problem keluarga sehingga tidak dapat berjualan saat itu.

Kemudian setelah beberapa lama, saya mendapatkan keterangan dari Pejabat Dinas Perindag Kabupaten Toba, Kios yang  saya titipkan sementara pada Erna pasaribu telah dialihkan sepihak hak penyewaan nya kepada Erna Pasaribu tampa sepengetahuan dan seizin dari Parada Sitompul selaku penyewa  pertama kios tersebut selama 25 Tahun, ujar Radot Simatupang.

Yang menjadi pertanyaan besar  bagi keluarga Parada Napitupulu dan warga masyarakat di Pasar Taput adalah, atas dasar apa pihak Dinas Perindag Kabupaten Taput, mengalihkan hak penyewaan kios di pasar tersebut dari Parada Sitompul ke Erna Pasaribu sebelum habis waktu sewanya selama 25 Tahun. 

Sementara berdasarkan informasi di lapangan yang di dapatkan awak media dari para pedagang di pasar Taput. Pengalihan Kios atau tempat berjualan di pasar tersebut harus ada persetujuan dari pihak penyewa pertama. Pengalihan sepihak hak penyewaan kios tersebut oleh Pejabat Dinas Perindag Kabupaten Taput  ke Oknum EP  menjadi tanda tanya besar bagi warga di pasar Taput mereka menduga kemungkinan ada permainan kotor dalam persoalan pengalihan kios di pasar tersebut.

Hasil konfirmasi pihak awak media ke pejabat Dinas Perindag Taput G Siregar, beliau mengatakan pihak Parada Sitompul  telah menjual Kios tersebut ke Erna Pasaribu,  Setelah mendengar informasi tersebut awak media mempertanyakan ke pihak Parada Sitompul mereka tidak pernah menjual Kios tersebut, sebab kios tersebut merupakan aset Pemkab Taput yang tidak boleh diperjual belikan. Pihak keluarga Parada Sitompul menyesalkan keterangan Pejabat Dina Perindag tersebut, mereka seharusnya mengetahui aset pemkab tidak dapat di perjual belikan dan yang menjadi pertanyaan keluarga Parada Sitompul Dinas Pemkab Perindag Taput, mengalihkan Kios tersebut ke Erna Pasaribu tampa seizin dan pengetahuan pihak penyewa pertama.

Keluarga Parada Napitupulu meminta kepada pihak Pemkab dan Kepolisian Kabupaten Taput agar dapat membantu menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi ini  dan sekaligus menindak oknum oknum yang melakukan penipuan dalam kasus pengalihan sepihak Kios di pasar Taput inini

(SEPTIAN/SPOL) 

×
Berita Terbaru Update