-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Warga Desa Portibi Lama, Tidak Ijinkan Tanah Ulayat Jadi Lahan Pengungsi

Selasa, 24 Mei 2022 | Mei 24, 2022 WIB Last Updated 2022-05-24T13:02:21Z
Foto : Masyarakat Desa Portibi lama saat berada di halaman kantor Bupati Karo


TANAH KARO | Sumutposonline.com
 
Masyarakat Desa Portibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, menolak keinginan Pihak pihak yang ingin menjadikan yang Tanah Ulayat yang menurut warga  tersurat pada tahun 1960 seluas kurang lebih 800 hektar, dan saat ini tersisa 260 hektar.

Pada Selasa 24/05/2022, Di Kantor Bupati Karo, masyarakat Desa Portibi Lama, yang terdiri dari Kaum  ibu ibu, dan Bapak bapak serta perangkat Desa serta Pendahulu Desapengetua adat ( Simantek Kuta) dan yang  lainya  menolak  adanya niat Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Karo yang rencananya akan di jadikan Lahan Usaha Tani ( LUT) bagi pengungsi korban Erupsi Gunung Sinabung. 

Menurut keterangan beberapa warga Desa Portibi Lama ketika di konfir Masi wartawan di halaman kantor Bupati mengatakan bahwa, mereka memiliki dasar surat terkait tanah 260 hektar tersebut " itu tanah kami, dan kami tetap komit untuk mempertahankan tanah ulayat tersebut " ujar salah seorang warga ber marga Munthe. 

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Juspri Nadeak yang di konfirmasi yang juga masih berada di seputaran kantor Bupati sekitar pukul 15 : 41 Wib, mengatakan dengan singkat dan berlalu agar menghubungi Kominfo Karo. " hubungi dinas kominfo karo ya, agar lebih jelas" ujar Juspri . Menurut warga yang di konfirmasi wartawan mengatakan, Kami berupaya dengan semaksimal mungkin guna  mempertahankan tanah leluhur kami yang ada di Desa kami , agar kedepannya tanah tersebut menjadi lahan bagi anak cucu kami,” ujar K. Munthe( 60)

Serta menambahkan bahwa warga desa mereka yang berjumlah 557 kepala keluarga akan tetap mempertahankan tanah ulayat tersebut dan akan melakukan aksi lebih besar.

Pantauan  wartawan di lapangan, ratusan warga Desa Portibi Lama berada di Halaman kantor Bupati Karo dan selanjutnya bergerak menuju Mapolres Karo dengan tertib.

(LIN/SPOL) 


×
Berita Terbaru Update