-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota Medan Peninjauan Isolasi Lingkungan Bersama Kepala BNPB Pusat

Jumat, 06 Agustus 2021 | Agustus 06, 2021 WIB Last Updated 2021-08-06T11:23:17Z

Medan, Sumutposonline.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Ganip Warsito bersama Walikota Medan Bobby Nasution melakukan Peninjauan Isolasi Lingkungan di jalan Sejahtera, Pondok Surya, Lingkungan 6 Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia, Jumat ( 6/8/2021), Siang.

Dalam tinjauan tersebut kepala BNPB pusat langsung disambut dan berdialog dengan Alexander Sinulingga, S.Stp Sekcam Medan Helvetia menjelaskan "ada 4 orang warga pagi tadi dengan situasi gawat langsung di bawa kerumah sakit", ucap Alexander Sinulingga, S.Stp Sekcam Medan Helvetia.

"Dengan peta kelompok warga yang sudah di vaksin dan belum melakukan vaksin, untuk warga yang Isoman ada 14 orang dan sudah sembuh 4 namun data tadi pagi masuk 4 orang dan kita lanjutkan lagi isolasinya karena termasuk zona merah" Kembali Alexander memaparkan kepada kepala BNPB.

Kepala BNPB Letnan Jenderal Ganip Warsito menerangkan "untuk isolasi mandiri ada persyaratannya yang pertama ijinkan apabila rumah itu memenuhi syarat artinya ada ruang, kamar mandi yang memisahkan antara yang sakit dengan tidak sakit", ucapnya, Yang kedua yang terpapar usia dibawah 45 tahun dan di dalam rumah tidak ada kelompok rentan, misalnya orang tua, ibu hamil, anak anak, itu bisa untuk isolasi mandiri, tapi jika tidak memenuhi syarat ini lebih baik di bawa ke isolasi terpusat, kenapa ke Isoter karena di sana di sediakan tenaga kesehatan, obat obatannya, makanannya, gratis tiga hari sekali ada extra puding kemudian tempat itu lebih terisolasi yang di sediakan Walikota Medan di isolasi terpusat di kota Medan", terang Kepala BNPB pusat Letjend Ganip Warsito.

"Dan saya menghimbau kepada kepala lingkungan dan yang di posko untuk mengecek serta di monitor terus akurasi yang terpapar agar menghindari terjadinya pemburukan", ucapnya.

Kepala BNPB pusat Letjend Ganip Warsito mengucapkan terima kasih yang telah melaksanakan tugas PPKM tapi yang terpenting masyarakat dihimbau untuk berprilaku berdisiplin dalam menggunakan masker, kebersihan lingkungan, kebersihan diri, serta tetap mengikuti Protokol Kesehatan.

Diakhiri kunjungannya Kepala BNPB memberikan secara simbolis bantuan kepada warga yang rentan.

Ditempat yang sama Kepala Lingkungan 6 Zulpan Lubis menjelaskan jumlah warga lingkungan 6 yang terpapar ada 14, sembuh 1 kemudian ada 5 orang warga lagi yang terpapar positif Covid-19, data terupdate pagi tadi, dan sampai saat ini ada 14 pasien yang positif, 4 orang sudah kita arahkan ke RS, 10 orng yang melakukan isolasi mandiri, jelasnya.

Untuk isolasi Lingkungan yang dilakukan dimulai dari pukul 19:00 Wib sampai dengan 06:00 Wib kita melakukan isolasi lingkungan untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19, katanya.

Dan untuk bantuan yang di terima dari Kepala BNPB pusat seperti yang dikatakan tadi ada Masker, Hand Sanitizer, Obat obatan dan untuk jumlah belum kita hitung juga bantuan dari Walikota, vitaminnya sampai obat obat yang lainnya sekitar 30 kotak, terangnya.

Dan berharap kepada masyarakat dan warga khususnya lingkungan 6 mendukung dengan dilaksanakannya islosi lingkungan yang dilaksanakan ini. Bukan kita membatasi mereka melakukan aktivitas tapi untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19, kata Zulpan Lubis.
(Septian Hernanto/SP) 
×
Berita Terbaru Update