-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indah dan Sejuknya Air Terjun Sikulikap Berastagi, Wajib Kamu Kunjungi

Selasa, 15 Februari 2022 | Februari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T14:12:31Z


Sumatera Utara, sumutposonline.com - Air terjun Sikulikap memiliki lokasi yang tepatnya berada di Jalan Jamin Ginting KM 5,4 Desa Doulu, Kec. Berastagi, Martelu, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jika sebelumnya kita pernah membahas Air Terjun Sipiso Piso, air terjun yang satu ini juga tidak kalah indahnya. Jadi apabila anda masih ingin merasakan indahnya daerah Sumatera Utara, pastikan anda mampir ke Air Terjun Sikulikap. Karena daya tariknya, banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia menyempatkan diri untuk berkunjung terutama saat akhir pekan atau libur lebaran bersama dengan keluarga.

Letak air terjun ini yang berada di tengah hutan hujan tropis membuat pemandangan di sekitar terlihat sangat alami, banyak pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang, menjadikan udara terasa sejuk dan bersih. Obyek wisata Air Terjun Sikulikap mempunyai ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter dan aliran airnya bersumber dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan yang termasuk kedalam salah satu daerah kawasan hutan lindung. 

Air yang jatuh dari atas melewati bebatuan yang berlumut terlihat sangat indah, belum lagi suara airnya yang membuat suasana semakin nyaman.
 
Di sekitar area ini anda juga bisa menemukan Kawasan hutan yang alami dan tertata dengan baik dan tidak hanya itu, ada banyak monyet gibon yang berkeliaran. Namun karena derasnya aliran air terjun ini, pengunjung tidak disarankan untuk mandi di sana.

Di Air Terjun Sikulikap, pengelola sudah melengkapi fasilitas yang ramah untuk pengunjung, seperti :

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

- Warung atau tempat makan

Bermain-main di sekitar air terjun selama berjam-jam pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar sana anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo atau bangku-bangku dari kayu di sana, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan air terjun nan indah, hutan hujan tropis dan menikmati udara yang segar.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area obyek wisata.

- Arena Camping

Di sekitar lokasi Air Terjun Sikulikap, terdapat Camping area untuk para pengunjung yang hobby akan suasana Camping bernuansa pepohonan dan suhu yang dingin.

- Akses Jalan 

Akses jalan menuju lokasi Air Terjun cukup baik, terdapat pavling block yang dan semenisasi yang rapi menuju area parkir, dan jalan menuju titik Air Terjun di lengkapi dengan handle pengaman yang terbuat dari Kayu, sehingga lebih aman.

Pantauan Wartawan sumutposonline.com, Bobi Sitinjak, Senin (14/02/2022), untuk saat ini tarif masuk ke lokasi dikenakan Rp. 5.000/orang untuk yang datang berjalan kaki, Rp. 20.000 untuk yang masuk dengan kendaraan roda dua, Rp. 60.000 untuk yang datang dengan kendaraan roda empat.

(Bobi Sitinjak/SPOL)




×
Berita Terbaru Update