-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Polres Karo Kawal Pengunjuk Rasa yang Menuntut Usir PT BUK dari Kabupaten Karo

Kamis, 24 Maret 2022 | Maret 24, 2022 WIB Last Updated 2022-03-24T12:37:58Z


Tanah Karo, Sumutposonline.com - Masyarakat yang mengatasnamakan Ginting Munthe Simantek Talinkuta Desa Sukamaju Tigapanah Kab. Karo, Rabu (23/03/2022) pukul 11.54 WIB, melaksanakan aksi unjuk rasa damai, di Kantor Bupati Karo di Kabanjahe.

Aksi Demo damai ini didampingi DPC PROJO Karo, dipimpin Ketuanya, Lloyd Ginting, dengan diikuti peserta sebanyak ± 70 orang massa. Korlap Atas nama, Lloyd Ginting  melaksanakan unjuk rasa dengan tuntutan, Stop kriminalisasi atas masyarakat Karo Desa Sukamaju terkait sengketa tanah di puncak 2000 Siosar, Tiga panah. Karo. Kemudian segera tangkap perambah dan penyerobot Hutan Produksi Siosar Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo. 

Kemudian, batalkan Peta Bidang Tanah Nomor : 09/2019 (tidak ada tanggalnya) Desember 2020 An. PT. Bibit Unggul Karobiotek yang kami duga cacat administrasi dalam pembuatannya.      
Massa pengunjuk rasa membentangkan Spanduk yang bertuliskan USIR PT. BUK DARI KABUPATEN KARO INI ....!!! di Kantor Bupati Karo.

Dalam orasinya Lloyd Ginting, mengatakan bahwa kami masyarakat Sukamaju akan melakukan aksi ke Kota Medan karena sudah bertahun tahun konflik yang sedang kami hadapi tidak kunjung selesai. 

"Aksi ini kami lakukan agar Presiden mengetahui bahwa ada penindasan bagi masyarakat di Siosar Puncak 2000," ungkapnya. 
Perwakilan massa Ibu - ibu dari Desa Sukamaju dalam unjuk rasa tersebut terlihat menari sambil menyanyikan Lagu secara Adat Karo (Narunei / Nuri Nuri), yang intinya meminta kepada Bupati Karo agar memperhatikan keluhan warga Desa Sukamaju dan meminta ijin bahwa Warga Desa Sukamaju akan ke Kantor Poldasu dan Kantor Kehutanan Provinsi Sumut. 

Kegiatan unras tersebut dilaksanakan dengan menggunakan sarana pengeras suara (Sound System) dan spanduk bertuliskan tuntutan orasi, dimulai secara Convoi dengan menggunakan kendaraan dua unit Mobil Truk Cold Diesel, satu unit Mobil Toyota Kijang Super Pick Up, Satu unit Mobil Suzuki Pickup, satu unit Mobil Toyota Kijang dan Satu unit Mobil Isuzu Panther. 

Adapun rute Unjuk rasa yang dilaksanakan mulai dari Makam Pahlawan Kabanjahe, menuju Kantor Bupati Karo, dilanjutkan Polda Sumut, Kantor Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatera, Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Kantor BPN Wilayah Provinsi Sumut, Kantor BPN Wilayah Sumatera Utara, Kantor Kejati Sumut (Finish). 

Setelah melaksanakan orasi di Kantor Bupati Karo, selanjutnya massa bergerak menuju ke Kantor BPN Kab. Karo untuk orasi dan permisi meminta Doa Restu sebelum berangkat ke Kota Medan. 

Pada pukul 12.25 WIB siang, massa pengunjuk rasa meninggalkan Kantor Bupati Karo dan bergerak menuju Polda Sumut dengan pengamanan dan pengawalan Personil Polres Tanah Karo. 

Kasat Samapta Polres Tanah Karo AKP Enda Tarigan, memimpin jalannya pengamanan Unjuk rasa tersebut. Terlihat di lapangan personil pengamanan melaksanakan himbauan kepada massa pengunjuk rasa untuk tidak anarkis dalam menyampaikan orasinya dan tetap patuhi protokol kesehatan. 

Dijelaskan Kasat Samapta Polres Karo, pelaksanaan unjuk rasa di wilayah hukum Polres Tanah Karo berlangsung aman dan terkendali sampai saat pelepasan di perbatasan. 
Massa pengunjuk rasa akan melanjutkan melakukan unjuk rasa damai pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022 ke Polda Sumut, Kantor Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatera, Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Kantor BPN Wilayah Sumatera Utara dan Kantor Kejati Sumut.

(T.BUKIT/SPOL) 
×
Berita Terbaru Update